Apa itu Kartu Kredit Tambahan? Begini Syaratnya

bangdoel.id – Mungkin anda yang bertanya apa itu kartu kredit tambahan? Apakah kartu kredit utama belum cukup? Begini penjelasan dan syaratnya.

Penggunaan kartu kredit di era modern saat ini telah menjadi lifestyle yang populer di masyarakat tanah air. Dimana selain fungsinya yang memudahkan pembayaran, kartu kredit juga memberikan banyak benefit kepada pemiliknya seperti promosi khusus, cicilan 0%, reward, miles, bebas biaya admin, cashback dan lainnya. Sehingga tidak heran, banyak pengguna kartu kredit yang memiliki lebih dari satu kredit, dimana mereka memiliki satu kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan.

Lalu apa fungsi kartu kredit tambahan? Pada umumnya pengguna kartu kredit yang memiliki riwayat kredit bagus dengan isiplin membayar tagihan tepat waktu sampai lunas serta tidak pernah menunggak, akan mudah untuk mengajukan kartu kredit tambahan baik itu dari penerbit yang sama maupun berbeda. Dimana dalam satu penerbit kartu kredit, bisa terdapat berbagai macam kartu kredit yang bekerja sama dengan merchant tertentu dan benefit yang berbeda dan bisa dikoleksi oleh pemilik kartu kredit untuk digunakan sesuai peruntukannya. Baca juga Jangan Panik! Begini Cara Mengurus Kartu Kredit Hilang

Selain itu, kartu kredit tambahan juga biasa juga dibuat untuk digunakan oleh orang lain seperti pasangan atau keluarga dimana pembayaran tagihan dan nama pendaftar tetap atas nama pemilik kartu utama.

Apa itu Kartu Kredit Tambahan

Pertimbangan sebelum mengajukan kartu kredit tambahan

Seperti yang kami sebutkan diatas, bahwa apabila nasabah memiliki riwayat pembayaran yang baik, maka bank penerbit kartu kredit pun biasanya menawarkan kartu tambahan, dimana anda bisa menambah satu, dua atau lebih kartu kredit yang anda inginkan.

Namun perlu anda pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda dalam mengelola penggunaan dan tagihan nantinya agar tidak menjadi beban keuangan anda nantinya. Sebab nantinya dengan kartu kredit tambahan tersebut, baik itu anda gunakan sendiri atau memberikan ke orang terdekat anda, maka tagihan tetap menjadi tanggung jawab anda.

Berikut poin penting yang harus menjadi pertimbangan anda sebelum mengajukan kartu kredit tambahan:

Kemampuan Finansial

Poin pertama dan harus anda pikirkan dengan matang adalah mengukur kemampuan finansial anda. Sebab walaupun hanya kartu kredit tambahan, tetapi tetap juga ada tagihan yang harus anda bayarkan di setiap penggunaannya. Selain itu, seperti kartu kredit lainnya, kartu kredit tambahan juga memiliki biaya lainnya seperti iuran tahunan dan biaya lainnya. Belum lagi ditambah bunga dan denda keterlambatannya apabila anda terlambat membayar.

Manfaat yang Diperoleh

Pada umumnya setiap bank penerbit memiliki berbagai macam produk kartu kredit tambahan dengan manfaat berbeda antara satu kartu dan lainnya. Agar anda tidak salah memilih kartu kredit tambahan, anda bisa memilih dan menyesuaikan manfaat apa yang ingin anda maksimalkan penggunaannya.Seperti apabila anda hobi traveling, maka anda bisa memilih kartu kredit dengan manfaat traveling seperti free VIP lounge, diskon pesawat, free miles, dan sebagainya.

Limit Kredit yang Tersedia

Perlu anda ketahui bahwa limit pada kartu kredit tambahan akan berbagi dengan limit kartu kredit utama. Jadi apabila limit pada kartu kredit utama anda sebesar 10 juta. Apabila sudah digunakan oleh pemegang kartu kredit utama sebesar 7 juta, berarti limit kartu kredit tambahan yang tersisa hanya 3 jutaan lagi.

Pemegang Kartu Kredit Tambahan

Bagi anda yang ingin mengajukan kartu kredit tambahan untuk dipergunakan oleh orang terdekat anda, maka tentu anda harus memastikan bahwa orang tersebut menjadi tanggung jawab anda dan benar-benar layak dalam menggunakan kartu kredit yang anda berikan. Sebab tidak semua orang bisa mendapatkan kartu kredit, seperti istri yang tidak bekerja dan membutuhkan kartu kredit untuk belanja harian, anak yang belum bekerja, atau orang tua yang melewati masa aktif dan tidak bekerja.

Satu hal yang perlu anda pastikan kepada orang terdekat yang akan anda berikan kartu kredit adalah bertanggung jawab dalam penggunaanya serta tidak bersifat konsumtif atau boros.

Gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan bukan untuk keinginan sebab nantinya nantinya tagihan kartu kredit tersebut masih dalam tanggung jawab anda.

Sekian informasi mengenai apa itu kartu kredit tambahan dan beberapa penjelasan lainnya agar anda bisa mudah memahami manfaat dan bagaimana fungsi dari kartu kredit tambahan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Comment