Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Bisnis, Untung Atau Rugi?

bangdoel.id – Membuka bisnis atau usaha pasti memerlukan modal, baik itu modal kecil maupun besar tergantung dengan bisnis apa yang akan anda tekuni. Bahkan tidak jarang, banyak orang yang menggunakan kartu kredit untuk modal bisnis. Apakah hal ini bijak atau malah merugikan?

Mencari modal untuk bisnis tentu tidak mudah, sebab anda harus meyakinkan beberapa pihak agar bisa menjadi “pemodal” dalam bisnis yang anda lakukan seperti mengajukan pinjaman modal ke Bank atau pembiayaan, melobi teman atau keluarga, hingga menggadaikan aset dimana hal tersebut tentunya memiliki proses yang bisa saja membutuhkan waktu yang lama.

Pertanyaannya adalah apakah kartu kredit bisa jadi sumber modal untuk memulai bisnis? Tentu bisa. Bahkan, banyak pengusaha atau pebisnis yang menggunakan kartu kredit untuk sebagai modal bisnisnya dengan harapan nantinya untung bisnis tersebut dapat digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit.

Adapun pertanyaan ini dipicu dari besarnya stigma negatif di masyarakat, karena menganggap kartu kredit memiliki bunga yang tinggi dan mencekik sehingga tidak cocok untuk digunakan sebagai modal bisnis.

Namun perlu anda ingat, bahwa baik atau buruknya penggunaan kartu kredit tergantung bagaimana anda menggunakan dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Kartu kredit hanyalah sebuah alat pembayaran yang ditujukan membuat transaksi menjadi lebih mudah dan efisien.

Jadi apabila anda boros dan konsumtif maka anda harus bersiap dengan tagihan yang besar, namun ketika anda menggunakan kartu kredit secara efektif dan produktif maka anda pun akan tenang dan akan merasa terbantu memiliki kartu kredit dengan manfaatnya. Baca juga Cara Merubah Transaksi Jadi cicilan Kartu Kredit Mandiri Terbaru

Dengan memiliki kartu kredit dengan riwayat yang baik akan dapat membantu bisnis anda nantinya. Adapun beberapa kelebihan dan manfaat menggunakan kartu kredit untuk usaha dapat anda simak sebagai berikut.

Kelebihan Menggunakan Kartu Kredit untuk Modal Bisnis

Kartu Kredit untuk Modal Bisnis

Proses Pengajuan Mudah

Bagi pebisnis, akses ke perbankan adalah hal yang penting untuk permodalan dan pembiayaan. Maka kartu kredit mempermudah hal tersebut dimana anda bisa mendapatkan modal bisnis tanpa harus mengajukan agunan atau jaminan dan mengikuti proses pengajuan yang panjang.

Cara mengajukan kartu kredit saat inin pun sangat mudah, dimana banyak bank yang sudah menyediakan layanan pembukaan kartu kredit secara online dan juga bekerja sama dengan marketplace atau ewaller di Indonesia. Anda pun dapat langsung menuju ke kantor Bank pilihan anda atau melakukan pengajuan kartu kredit di mall saat bank mengadakan pameran di sana.

Akses Pembiayaan yang Mudah

Sebagian besar pelaku usaha kecil dan menengah alias UKM membutuhkan akses dana pembiayaan yang luas untuk operasional bisnisnya seperti untuk membeli bahan baku dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan kartu kredit, akses pembiayaan menjadi lebih mudah. Sehingga, arus keuangan anda pun bisa lebih terjaga dengan stabil.

Transaksi yang Lebih Aman

Berbagai transaksi yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas kartu kredit sekarang sudah lebih aman. Sama seperti kartu debit, transaksi kartu kredit juga sudah dilakukan dengan penggunaan PIN sehingga anda tidak perlu kuatir dengan masalah kartu kredit anda jebol oleh tangan-tangan jahil selama PIN anda terjaga kerahasiaannya. Baca juga Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Bijak, Skor Kredit Baik Aman dari Hutang

Tingkat Bunga yang Kompetitif

Anda tidak perlu kuatir mengenai kabar tentang suku bunga yang mencekik dari kartu kredit, yang sepertinya tidak berlaku bagi semua jenis kartu kredit, karena besaran tingkat suku bunga untuk kartu kredit telah diatur pemerintah melalui Bank Indonesia.

Jenis Pembiayaan Kredit Bergulir

Semua jenis pembiayaan yang ada di kartu kredit merupakan jenis kredit yang bergulir. Dimana anda bisa tetap menggunakannya sampai batas limit yang ada, tetapi dengan syarat anda harus selalu bisa melunasinya tagihan setiap bulannya.

Anda bisa memanfaatkan menjadi sumber pembiayaan operasional yang digunakan untuk modal bisnis anda setiap bulannya.

Terdapat Layanan Bebas Bunga

Saat menggunakan kartu kredit, anda juga bisa juga menikmati layanan bebas bunganya dimana seluruh tagihan tidak akan dikenakan biaya bunga, apabila anda rutin membayar tagihan kartu kredit dengan tepat waktu. Selain itu, pastikan juga selalu membayar tagihan dalam jumlah penuh setiap bulannya yang akan mencegah timbulnya beban bunga di bulan berikutnya.

Periode Bebas Bunga Lebih Panjang

Kartu kredit memungkinkan anda menikmati masa bebas biaya bunga hingga 45 hari lamanya. Namun pastikan bahwa anda memahami dan selalu mengingat tanggal jatuh tempo dan juga tanggal penagihan dengan tepat.

Anda bisa melakukan transaksi setelah tanggal cetak, sehingga tagihan tersebut baru akan tercetak di bulan berikutnya, dan anda memiliki waktu 15 hari setelah tanggal cetak untuk melakukan pembayaran.

Limit Kredit yang Besar

Anda berkesempatan mendapatkan limit kartu kredit yang besar, apalagi jika anda menggunakan kartu kredit cukup lama. Biasanya pihak bank akan menaikkan limit kartu secara bertahap, terutama untuk nasabah yang penggunaan kartu kreditnya bagus. Limit kredit yang besar ini akan memungkinkan anda mengembangkan bisnis dengan lebih maksimal lagi dengan tambahan modal dari limit kartu kredit anda/

Banyak Reward

Kartu kredit pada umumnya memberikan banyak reward atau hadiah kepada para penggunanya seperti cashback, diskon, hingga poin yang membuat transaksi dengan kartu kredit bisa menjadi menguntungkan yang bisa anda manfaatkan ketika anda ingin menjalankan bisnis.

Tidak Perlu Agunan

Sistem kartu kredit tidaklah sama dengan sistem pinjaman yang umumnya membutuhkan agunan atau jaminan. Apabila anda ingin memiliki kartu kredit, anda tidak perlu menyertakan jaminan untuk diagunkan ke bank.

Tambahan Skor Kredit

Apabila anda menggunakan kartu kredit dengan baik serta tidak memiliki masalah dalam tagihan dimana semuanya lancar, maka skor kredit anda pun akan semakin bertambah yang berimbas pada limit kartu kredit yang bisa anda tambah, serta kemudahan mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lainnya.

Mudah Dimiliki

Siapapun bisa memiliki kartu kredit selama orang tersebut memiliki penghasilan tetap dan memenuhi persyaratan pengajuan kartu kredit. Dimana saat ini, anda pun dapat mengajukan online hanya dari HP dan koneksi internet yang lancar.

Kartu Kredit untuk Modal Bisnis
Risiko Penggunaan Kartu Kredit untuk Modal Bisnis

Namun selain berbagai kentungan dan manfaat menggunakan kartu kredit diatas, anda juga tidak boleh melewatkan risiko menggunakan kartu kredit untuk bisnis sebagai bahan pertimbangan anda. Berikut risiko-risikonya yang bisa anda simak dibawah ini.

Kewajiban Tidak Terbatas

Anda sebagai pemilik kartu kredit, maka otomatis anda akan bertanggung jawab penuh atas setiap transaksi dengan kartu tersebut. Sehingga apabila bisnis anda nantinya terjadi sesuatu yang buruk dan gagal, maka anda tetap harus menanggung semua beban tersebut sebagai pemilik kartu kredit.

Sistem Keamanan

Apabila anda memutuskan menggunakan kartu kredit untuk berbisnis, maka anda harus memastikan penggunaannya dengan tepat. Jangan sampai terjadi permasalahan penyalahgunaan kartu kredit yang bisa memicu berbagai masalah baru untuk anda.

Penurunan Score Credit

Penggunaan kartu kredit yang dilakukan secara bertanggung jawab dan disiplin memang akan meningkatkan score credit. Namun sebaliknya score credit akan menurun drastis ketika terjadi permasalahan pembayaran. Mulai dari hanya membayar jumlah minimum, pembayaran melewati batas jatuh tempo hingga tagihan yang menunggak akan mempengaruhi score credit anda.

Banyak Beban Biaya Tambahan

Perlu anda ketahui, bahwa pada pemakaian kartu kredit tiap bulannya akan diikuti dengan berbagai biaya yang wajib dibayarkan sesuai ketentuan yang ditetapkan bank penerbit. Mulai dari biaya tahunan, keterlambatan pembayaran cicilan, biaya tarik tunai dan biaya lainnya.

Sekian informasi mengenai tips menggunakan kartu kredit untuk modal bisnis, dimana untung atau ruginya tergantung bagaimana anda mengelola bisnis dan keuangan anda.

Leave a Comment